BeritaViva24

Cabang Olahraga Wushu Salah Satu Olahraga Bela Diri

Cabang Olahraga Wushu Salah Satu Olahraga Bela Diri
Cabang Olahraga Wushu Salah Satu Olahraga Bela Diri

Cabang Olahraga Bela Diri Yang Memiliki Gerakan Indah Dan Bisa Menggunakan Senjata Panjang, Senjata Pendek Dan Tangan Kosong.  Wushu adalah satu di antara olahraga bela diri yang berasal dari China. Kata wushu tersusun dari dua kata “wu” = militer atau bela diri, “shu” = seni. Jadi, wushu bisa diartikan sebagai seni bela diri. Yang mana di dalamnya mengandung aspek seni, olahraga, dan juga kesehatan. Wushu dulunya hanya di mainkan oleh kalangan lanjut usia atau bahkan kelompok tertentu. Kini mendapat perhatian masyarakat khusus di Indonesia. Meski belum ada data resmi kapan wushu masuk ke Indonesia, namun selama puluhan tahun wushu telah banyak di bawakan oleh masyarakat di kota-kota besar maupun kecil di Indonesia, seperti Medan, Jakarta, Surabaya, Semarang, dan masih banyak daerah lainnya sudah di tetapkan.

Secara umum wushu jika di artikan adalah seni bela diri yang menggunakan metode menendang, meninju, melempar, dan mencubit serta menentukan fungsi seluruh bagian tubuh dalam latihannya. Ada dua kategori dalam olahraga ini yaitu Taolu dan Sanda. Senjata yang di pakai dalam pertandingan wushu seperti golok, pedang, tombak dan lain sebagainya.. Seperti halnya ilmu bela diri lainnya, ilmu bela diri juga di ajarkan untuk melindungi diri dari berbagai kejahatan. 

Jenis olahraga bela diri di Indonesia juga banyak. Seperti pencak silat, karate, taekwondo dan lain sebagainya. Sama halnya dengan olahraga bela diri lainnya, wushu di harapkan juga dapat melindungi diri dari ancaman bahaya. Banyak juga manfaat dari bela diri wushu ini selain untuk menjaga diri dari ancaman bahaya. Tentunya di sini akan di bahas apa saja manfaat yang ada pada wushu. Selain untuk menjaga diri, keindahan gerakan yang di sajikan wushu juga di perlombakan. Pertandingan keindahan dari gerakan wushu sudah masuk ke dalam Sea Games.

Cabang Olahraga Wushu Yang Memiliki Banyak Manfaat

Pengertian dari olahraga wushu sudah di jelaskan sebelumnya. Olahraga bela diri ini tentunya bisa membuat menjaga diri dari ancaman bahaya. Karena gerakan yang di hasilkan dari olahraga ini di nilai baik untuk kesehatan tubuh. Di China wushu biasa di lakukan oleh lansia. Karena gerakan yang mendayu membuat wushu seperti senam sendi oleh para lansia. Selain itu, Cabang Olahraga Wushu Yang Memiliki Banyak Manfaat sangat baik untuk kesehatan. Berikut manfaat dari olahraga bela diri wushu :

1. Melatih Kekuatan

Berbagai gerakan yang ada di wushu dapat meningkatkan kekuatan tubuh. Manfaat wushu di antaranya dapat melatih otot-otot kaki, perut, lengan, dan punggung. Jika berlatih wushu secara teratur dapat mempertahankan bentuk tubuh. Bahkan menurut pelatih wushu, tanpa program latihan tambahan, seni bela diri wushu cukup untuk mengembangkan otot namun membuat tubuh tetap langsing.

2. Melatih Kelenturan Tubuh

Wushu dan seni bela diri lainnya juga bermanfaat dapat melatih kelenturan tubuh. Bagian tubuh seperti betis, pinggul, dada, punggung, lengan dan bahu merupakan bagian tubuh yang di rentangkan secara teratur sehingga dapat meningkatkan kelenturan tubuh.

3. Melatih Keseimbangan

Gerakan wushu sering berdiri dengan satu kaki, gerakan seperti itulah yang bisa melatih keseimbangan tubuh tetap terjaga.Keseimbangan tubuh merupakan salah satu aspek terpenting dari wushu. Dengan latihan terus menerus, koordinasi gerak tubuh akan lebih seimbang.

4.Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti yang Anda tahu, olahraga dapat meningkatkan stamina tubuh. Termasuk olahraga wushu ini. Seni bela diri wushu mengharuskan kita untuk memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Agar jika melakukan gerakan dasar pada wushu, kita dapat berkonsentrasi. Dan di harapkan daya tahan tubuh dapat meningkat dari rutinnya melakukan gerakan wushu. Maka dari itu, di China para lansia yang melakukan olahraga wushu memiliki stamina yang kuat. Karena rutin melakukan gerakan tersebut.

5. Meningkatkan Gerak Refleks Tubuh

Melalui berbagai gerakan yang ada di wushu dapat Meningkatkan Gerakan Refleks Tubuh agar lebih kuat dan gerakan tubuh menjadi lebih fleksibel. Gerak refleks merupakan hasil koordinasi yang terjadi dalam tubuh manusia.

6. Meningkatkan Konsentrasi Mental

Di wushu mengharuskan untuk mengingat apa saja gerakan yang di hasilkan, elemen inilah yang berfungsi untuk membuat fokus dan mempertahankan konsentrasi mental dengan baik. Selain itu, berlatih wushu juga dapat meningkatkan kemampuan koordinasi, konsentrasi, mental hingga rasa percaya diri dan semangat. Bagi yang berhasil menguasai beberapa gerakan dasar wushu memiliki keuntungan terhindar dari stres dan perasaan tertekan lainnya

Ini adalah daftar manfaat yang di dapat dari melakukan olahraga wushu. Ternyata di balik olahraga bela diri satu ini memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh. Karena di kenal sebagai olahraga bela diri yang memiliki gerakan yang detail dan indah. Ada dua kategori pada olahraga wushu ini. Yang pertama wushu taolu, gerakan ini di mainkan dengan pertarungan secara tangan kosong. Dan yang kedua adalah wushu sanda, jenis ini di lakukan secara individu atau perkelompok namun menggunakan senjata pendek atau pun senjata panjang.

Kategori wushu sanda menerapkan teknik dasar wushu ke dalam pertarungan satu lawan satu, mencakup pukulan, tendangan, dan lemparan. Dalam wushu sanda, harus wajib memakai perlengkapan pelindung seperti pelindung kepala, dada, tangan, mulut, serta alat kelamin. Dalam pertandingan sanda biasanya terdiri atas tiga ronde, masing-masing berlangsung selama dua menit. Dan di lakukan jeda istirahat antar-ronde selama satu menit.

Peraturan dalam cabang olahraga wushu taolu tidak memperbolehkan atlet terlibat dalam pertarungan fisik. Dalam kompetisi taolu, atlet memperagakan gerakan-gerakan koreografi yang telah di tentukan sebelumnya, mengikuti aturan yang telah di pelajari. Pertandingan taolu di nilai oleh juri berdasarkan teknik, keindahan gerakan, dan tingkat kesulitan gerakan yang di tampilkan oleh atlet.

Teknik Dasar Wushu

Olahraga ini memiliki Teknik Dasar Wushu yang di bagi atas kategori. Sudah di jelaskan sebelumnya bahwa wushu terbagi atas dua kategori yaitu taolu dan sanda. Di mana keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok.

Gerakan wushu kategori pukulan di bedakan menjadi empat, yaitu. Teknik jab merupakan teknik pukulan lurus menggunakan tangan kiri. Lalu straight teknik pukulan dari arah belakang dengan menggunakan tangan kanan. Sedangkan teknik hook,adalah gerakan pukulan menyamping. Dan uppercut adalah teknik pukulan dari bawah ke atas.

Gerakan wushu dalam kategori sanda ada gerakan tendangan yang di bedakan menjadi empat, yaitu : Tendangan arah bawah, gerakan ini di lakukan dengan kaki lurus ke depan setinggi pinggang. Selanjutnya tendangan arah perut di lakukan dengan kaki lurus ke depan setinggi pinggang hingga ketiak. Lalu teknik tendangan arah kepala di lakukan tendangan setinggi kepala lawan. Dan yang terakhir tendangan arah depan dengan melakukannya seperti gerakan mendorong menggunakan telapak kaki.  Ini adalah teknik dasar pada wushu yang mana salah satu Cabang Olahraga.

Exit mobile version