BeritaViva24

Tanaman Masa Depan, Porang Sekarang Menjadi Populer

Tanaman Masa Depan, Porang Sekarang Menjadi Populer
Tanaman Masa Depan, Porang Sekarang Menjadi Populer

Tanaman Masa Depan Yaitu Porang Sekarang Menjadi Populer Karena Di Kenal Bisa Menjadi Pengganti Beras Dan Rendah Kalori. Porang adalah tanaman umbi-umbian dari spesies Amorphophallus muelleri. Porang di kenal juga dengan nama iles-iles. Manfaat porang salah satunya untuk bahan baku tepung. Porang merupakan jenis herbal yang bisa tumbuh hingga setinggi 1.5 meter. Ia banyak tumbuh di sekitar hutan tropis dan hanya bisa tumbuh di bawah pohon penyangga. Porang bisa bertahan hidup pada jenis tanah apa pun di ketinggian 0 sampai dengan 700 mdpl. Porang tumbuh dengan batang bercorak belang hijau putih. Dengan ciri-ciri tanaman porang adalah. Memiliki daun lebar berujung runcing dan berwarna hijau muda.Memiliki kulit batang yang halus berwarna kekuningan.  Di setiap pertemuan cabang terdapat bubil. 

Porang mengandung karbohidrat, lemak, protein mineral, vitamin, serat pangan, kristal kalsium oksalat dan alkaloid. Oleh sebab itu porang banyak di gunakan sebagai bahan baku tepung, penjernih air, kosmetik, pembuatan lem dan jelly yang beberapa tahun terakhir di ekspor ke Jepang. Salah satu kandungan terbesar di dalam porang adalah glukomanan yang merupakan serat alami dan larut dalam air. Selain itu, porang disebut bisa di gunakan sebagai bahan dasar pembuatan lem ramah lingkungan dan komponen untuk pesawat terbang. Akan tetapi, kandungan asam oksalat pada porang bisa mengakibatkan rasa pahit dan gatal. Sehingga porang harus di olah dengan baik dan benar sebelum menjadi bahan pangan.

Biasanya porang di manfaatkan untuk membuat konyaku dan mie shirataki yang terkenal di China, Jepang dan Taiwan.Namun dalam beberapa saat ini porang juga sudah terkenal di Indonesia. Manfaat tanaman porang lainnya ternyata bisa membantu untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan. Bahkan, sifat tanaman tersebut dapat memungkinkan di budidayakan di lahan hutan di bawah naungan tegakan tanaman lain. Untuk bibitnya biasa digunakan dari potongan umbi batang.

Tanaman Masa Depan, Ini Manfaat Dari Porang

Setelah mengetahui apa itu tanaman porang. kita dapat tahu apa manfaat dari porang ini. Belakangan ini porang sedang ramai di bicarakan di media sosial atau pun di mana saja. Karena yang sedang ramai yaitu dapat menurunkan berat badan. Maka dari itu Tanaman Masa Depan, Ini Manfaat Dari Porang.

  1. Menjadi Makanan Diet

Porang merupakan salah satu alternatif makanan diet. Tanaman satu ini mengandung serat yang tinggi sehingga dapat membuat kenyang lebih lama. Kandungan glukomanan dalam tanaman porang dapat menurunkan berat badan karena mampu mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, porang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, sehingga perut tetap terasa ringan. Di sarankan untuk yang ingin diet dengan menggunakan tanaman porang, tetap iringi dengan asupan vitamin dan mineral lainnya.

  1. Dapat Mengontrol Gula Darah

Manfaat tanaman porang lainnya adalah untuk mengontrol gula darah, terutama bagi penderita diabetes. Glukomanan yang terkandung dalam porang dapat turut menekan produksi hormon ghrelin yang mengakibatkan rasa lapar. Oleh karena itu, nafsu makan tetap terjaga dan penyerapan karbohidrat menjadi maksimal. Hal inilah yang membuat kadar gula darah tetap stabil.

  1. Dapat Menurunkan Kolesterol

Tanaman porang juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Glukomanan mampu meningkatkan jumlah kolesterol yang dikeluarkan melalui feses. Akibatnya, kadar kolesterol dalam darah pun menurun.

  1. Dapat Mengatasi Masalah Sembelit

Manfaat porang selanjutnya adalah untuk mengatasi sembelit. Orang yang mengalami sembelit akan sembuh sendiri setelah rutin mengkonsumsi porang selama 10 hari. Akan tetapi, porang harus di olah dengan baik sebelum bisa di konsumsi. Tanaman porang mengandung kalsium oksalat yang pahit dan dapat membuat badan gatal – gatal apabila tidak di olah dengan benar.

  1. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Porang yang telah di olah menjadi tepung memiliki manfaat untuk mencegah kanker paru – paru dan menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Karena kadungan yang terdapat pada porang sangatlah baik bagi tubuh.

Harga Pasaran Porang Di Indonesia

Porang semakin ramai di perbincangkan belakangan ini karena memiliki harga jual yang tinggi atau mahal, walaupun perawatannya cukup mudah. Alasan utama harga porang mahal adalah manfaat dari umbi-umbian ini. Para petani porang saat ini sedang mengambil kesempatan karena porang sedang ramai di perbincangkan dan  memiliki harga jual yang tinggi. Harga yang tinggi di sebabkan karena penggunaannya yang sangat luas jadi membuat harganya relatif mahal. Namun tidak dapat di pungkiri terkadang harga porang juga mengalami penurunan. Petani berharap harga dari porang tetap stabil agar pendapatan dari petani juga tidak terancam.

Turunnya harga porang terjadi pada bulan Agustus 2023 yaitu Rp. 1.700 , di mana harga ini sangatlah murah di banding harga sebelumnya. Lalu pada bulan September 2023 mengalami kenaikan yaitu 4.300 dan harga paling tinggi yaitu Rp. 5.000 per kilogram. Namun pada tahun 2024 harga porang mengalami kenaikan drastis yaitu Rp. 10.000 per kilogramnya. Harga yang naik turun ini membuat para petani resah karena panen porang terus terjadi. Harga dari porang mengalami peningkatan lantaran hasil komoditas ini memiliki nilai ekspor yang tinggi. Permintaan dari hasil umbi basah satu ini merupakan permintaan yang tinggi untuk di bidang eksportir. Maka dari itu tidak heran sekarang harga dari porang mencapai Rp. 15.000 per kilogramnya. 

Salah satu tumbuhan umbi umbian ini di gadang – gadang menjadi komoditas unggulan karena memiliki nilai jual yang tinggi. Sebelumnya, porang hanya di nilai sebagai tumbuhan liar yang hidup di antara semak – semak pepohonan. Bahkan, tanaman ini yang sering tumbuh di pekarangan rumah itu di anggap sebagai makanan ular bagi masyarakat. Karena memang habitat tumbuhnya tanaman ini di semak – semak. Dan di anggap menjadi tanaman liar karena mengganggu tumbuhan lain. 

Hasil Olahan Dari Porang

Sudah di jelaskan sebelumnya apa itu tanaman porang. Selanjutnya akan di bahas tentang apa Hasil Olahan Dari Porang tersebut.

  1. Tepung Porang

Tanaman porang ini cocok di buat tepung. Cara pembuatannya pun terbilang mudah sama seperti membuat tepung-tepung lain dari umbi-umbian seperti tepung tapioka. Bisa di lakukan dengan metode tradisional namun harus tetap memperhatikan pengolahannya agar kandungan oksalat sebagai pemicu gatal bisa hilang.

  1. Mie Shirataki

Olahan selanjutnya adalah mie shirataki yang kini sedang populer di Jepang karena efektif sebagai pengganti nasi.

Sehingga cocok untuk menurunkan berat badan, di mana dari tekstur dan kekenyalannya bisa bersaing dengan mie yang terbuat dari tepung gandum. Mie shirataki ini juga rendah kolesterol dan tinggi seratnya.

  1. Agar-agar

Porang juga bisa di jadikan makanan seperti agar-agar karena memiliki serat yang tinggi dan tidak mudah larut air.

Selain itu porang juga mempunyai konsistensi yang mirip agar-agar.

  1. Beras Shirataki

Hampir sama dengan mie shirataki, beras shirataki ini adalah hasil olahan dari tanaman porang. Dengan kandungan gluten yang rendah.

Ini adalah olahan dari porang salah satu Tanaman Masa Depan.

Exit mobile version