BeritaViva24

Kumpulan Informasi Terkini & Terupdate

Travel

Melihat Keindahan Danau Ubur – Ubur Di Pulau Kakaban

Melihat Keindahan Danau Ubur - Ubur Di Pulau Kakaban
Melihat Keindahan Danau Ubur – Ubur Di Pulau Kakaban

Melihat Keindahan Danau Ubur – Ubur Yang Terletak Di Pulau Kakaban Kalimantan Timur Yang Sangat Unik Dan Indah. Danau Kakaban adalah sebuah danau yang terletak di Pulau Kakaban,  Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Danau Kakaban memiliki panjang 2,6 km, lebar 1,5 km, luas sekitar 390 hektar, dan kedalaman maksimum berkisar 25 meter. Kemudian danau ini memiliki air sadah yaitu air campuran mata air, air hujan dan air tanah terbesar di dunia ini memiliki habitat ubur-ubur yang tidak menyengat di dalamnya. Karena habitat ubur – ubur yang banyak, danau ini sering di kenal sebagai Danau Ubur – Ubur. 

Danau Kakaban terbentuk akibat pengangkatan atol pulau karang berbentuk cincin sekitar 1 hingga 2 juta tahun yang lalu hingga membentuk sebuah danau. Kemudian, telaga ini menyatu dengan air laut, air tanah, dan air hujan. Pulau Kakaban yang jauh dari kota tetap terjaga kesucian dan keindahannya. Walaupun jauh dari kota, namun tetap populer sebagai tujuan wisata dan sangat di gemari wisatawan baik wisatawan dalam negeri. Bahkan wisatawan mancanegara. Selain danau di Pulau Kakaban memiliki keindahan yang sangat memanjakan mata. Untuk datang ke pulau ini sebaiknya di arahkan oleh guide yang sudah profesional. Pengunjung yang datang ke danau kakaban atau danau ubur – ubur ini dengan aman berenang bersama ubur – ubur di dalamnya.

Ubur – ubur yang berada di danau ini tidak dapat menyengat lagi karena sudah kehilangan kemampuan menyengatnya. Selain ubur-ubur yang terkenal ada di danau kakabab, di sini juga ada biota danau lainnya. Seperti anemon laut, teripang, tunikata, 33 macam bunga karang, kepiting, cacing pipih dan moluska. Danau dengan luas 400 hektare ini sangat menarik untuk di jelajahi sambil berenang. Dengan keindahan di bawah airnya yang sangat menarik. Memiliki air yang berwarna kehijauan, bunga karang dan biota danau lainnya masih dapat terlihat jelas. 

Melihat Keindahan Danau Kakaban Yang Memiliki Keunikan

Selain memiliki ciri khas danau ubur – ubur, ternyata di danau ini memiliki keunikan lainnya. Mari Melihat Keindahan Danau Kakaban Yang Memiliki Keunikan yang menarik perhatian wisatawan. Untuk mengunjungi pulau ini sebaiknya Anda datang di jam 08.00 – 16.00 WIB. Karena selain jam itu pulau ini di tutup dan tidak boleh di kunjungi. Dan untuk biaya masuknya sendiri di tetapkan per orangnya sebesar Rp. 30.000. Cukup murah bukan? Berikut keunikan apa saja yang ada di pulau kakaban ini.

  1. Memiliki Spesies Ubur – Ubur Yang Unik

Walaupun termasuk lokasi yang cukup terpencil, ada alasan mengapa wisatawan rela jauh-jauh datang ke Danau Kakaban. Ini karena keunikan Danau Kakaban yang menjadi habitat ubur-ubur langka. Di sebut ubur-ubur langka karena jenis biota air ini tidak dapat di temukan di tempat lainnya. Masyarakat setempat menyebutnya sebagai “bung”, yang dalam bahasa Bajau berarti ubur-ubur. Danau Kakaban memiliki empat spesies ubur-ubur, yaitu ubur-ubur bulan, ubur-ubur terbalik, ubur-ubur totol, dan ubur-ubur kotak. Ubur-ubur ini juga bisa di ajak berenang bersama. Jika kebanyakan ubur-ubur di kenal sebagai hewan air yang bisa menyengat, di Danau Kakaban ubur – uburnya tidak menyengat. 

Alasan ubur-ubur di Danau Kakaban tidak menyengat karena mereka telah hidup di danau yang terisolasi dari laut selama beberapa generasi dan tanpa predator. Hal ini membuat ubur-ubur tersebut mengalami evolusi selama terkurung di dalamnya, dan kehilangan kemampuan untuk menyengat. Perubahan fisik ubur-ubur ini juga terjadi karena adaptasinya terhadap ekosistem atau kondisi lingkungan tempat hidupnya. Hal ini yang membuat ribuan tahun kemudian muncul spesies yang memiliki sifat dan tampilan fisik berbeda dengan spesies sejenis ubur-ubur yang berada di laut.

2. Memiliki Biota Danau Yang Unik

Selain ubur – ubur ternyata di danau ini Memiliki Biota Danau Yang Unik. Selain ubur-ubur yang terkenal ada di danau ini, di sini juga ada biota danau lainnya, seperti anemon laut, teripang, tunikata, 33 macam bunga karang, kepiting, cacing pipih dan moluska. Biota danau ini seperti biota laut karena biota di danau ini sebelumnya biota laut yang terperangkap. Sama halnya seperti penjelasan dalam ubur – ubur.

Danau ubur – ubur Pulau Kakaban menjadi salah satu danau unik di Indonesia yang keren untuk di jelajahi. Panorama dan keunikannya berupa ubur-ubur jinak, jarang ditemui di danau lain di seluruh dunia. Danau ini sangat menarik untuk di jelajahi sambil berenang. Panorama bawah perairannya juga sangat keren. Airnya berwarna kehijauan, tetapi bunga karang dan biota danaunya masih bisa terlihat jelas. Karena jauh dari permukiman, danau ini memiliki air yang bersih dan jernih.

3. Pariwisata Yang Berkualitas

Di harapkan pada tempat wisata Pulau Kakaban ini akan menjadi tempat wisata yang berkualitas. Pemerintah Indonesia dan pemerintah daerah membuat gagasan agar tempat wisata ini akan menaikkan pengunjungnya. Walaupun pengunjung semakin banyak namun kebersihan serta kelestarian pulau ini harus tetap terjaga. Apa lagi habitat ubur – ubur yang tidak menyengat yang ada di danau ini harus selalu di perhatikan kelestariannya. Di khawatirkan akan mengalami terganggunya ekosistem dan biota danau. Dengan cara mempromosikan pulau ini ke mancanegara agar pengunjung baik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara mengunjungi pulau ini.

Ini ada tiga keunikan dari Pulau Kakaban dan Danau Ubur – Ubur yang ada di dalamnya. Masih segelintir keunikan yang di jelaskan di sini. Masih banyak keunikan yang seharusnya di dapat di rangkum di sini. Namun dari tiga keunikan ini sudah dapat menjelaskan betapa indah dan uniknya pulau yang terletak di dekat Pulau Kalimantan.

Peraturan Berenang Di Danau Kakaban

Danau Kakaban merupakan danau yang sangat jauh dari hiruk pikuknya perkotaan. Maka dari itu masih sangat terjaga kelestariannya. Dengan ubur – ubur yang tidak menyengat, kita bisa berenang bebas sambil menjelajahi danau tersebut. Tapi untuk dapat berenang bersama ubur – ubur dan melihat biota danau tersebut ada aturan dari pihak setempat yang harus di patuhi. Agar kelestarian dari ubur – ubur tersebut tetap terjaga. Berikut Peraturan Berenang Di Danau Kakaban.

  1. Tidak di perbolehkan untuk menggunakan fin atau kaki katak. Karena di khawatirkan dari dayungan kaki katak dapat menyebabkan ubur – ubur merasa stres dan dapat mengganggu perkembangannya.
  2. Sebelum berenang dilarang menggunakan kosmetik seperti sunscreen, body lotion dan lain sebagainya.
  3. Di wajibkan menggunakan kacamata renang agar mata tidak perih. Karena air danau yang memiliki keasaman yang cukup tinggi.
  4. Hal yang terpenting adalah wajib menjaga kebersihan saat berkunjung ke danau ini.

Peraturan ini harus dan wajib untuk di taati untuk siapa saja yang berkunjung ke danau ini untuk tetap menjaga kelestarian serta kebersihannya. Agar siapa pun pengunjung yang datang tetap terus dapat Melihat Keindahan.