BeritaViva24

Kumpulan Informasi Terkini & Terupdate

Health

Pentingnya Asupan Bergizi Untuk Kesehatan Kulit

Pentingnya Asupan Bergizi Untuk Kesehatan Kulit
Pentingnya Asupan Bergizi Untuk Kesehatan Kulit

Pentingnya Asupan Bergizi Untuk Mendukung Kesehatan Kulit Agar Terlihat Sehat Dan Ternutrisi Tidak Dari Luar Saja. Kulit yang sehat dan bersih bagi sebagian orang menjadi tolak ukur dari kecantikan. Karena kulit yang bersih dan sehat membuat orang percaya diri. Agar kulit selalu tampak sehat dan ternutrisi penting juga untuk selalu melakukan perawatan kulit agar fungsi dan tampilan selalu berjalan dengan baik dan semestinya. Karena kulit menjadi salah satu organ yang paling penting bagi kelangsungan hidup manusia. Permukaan kulit terasa halus dan di tumbuhi rambut atau bulu halus yang mencuat dari pori-pori untuk mengeluarkan keringat. 

Kulit adalah organ ekskresi yang menutupi seluruh bagian tubuh dan organ tubuh yang paling peka terhadap rangsangan. Rangsangan yang di maksud bisa berupa sentuhan, panas, dan tekanan. Kulit akan mengeluarkan zat yang sudah tidak bermanfaat bagi tubuh dalam bentuk keringat. Faktor yang mempengaruhi produksi keringat di dalam tubuh seperti aktivitas, berat badan, suhu lingkungan, ketebalan pakaian dan sebagainya. Organ ekskresi yang berperan dalam produksi keringat adalah kulit. Kesehatan dari kulit sendiri harus di perhatikan. Karena kulit membungkus semua organ dalam tubuh yang sangat sensitif.

Di Indonesia sendiri terdapat tiga ciri khas warna kulit. Yaitu, kuning langsat, putih gading dan sawo matang. Bukan hanya di Indonesia, ketiga warna kulit ini identik dengan warna kulit orang Asia. Tidak heran karena iklim di Indonesia sendiri yaitu tropis. Di mana cahaya matahari lebih sering memancarkan sinarnya di daerah Indonesia. Banyak warga luar negeri datang ke Indonesia hanya untuk berjemur. Karena di nilai cahaya matahari di Indonesia baik untuk berjemur. Selain untuk menaikkan warna kulit, cahaya matahari di nilai memiliki Vitamin D yang baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu, warna kulit orang Indonesia jarang sekali berwarna putih bersih seperti orang luar negeri kebanyakan. 

Apa Pentingnya Asupan Bergizi Untuk Kulit?

Kulit adalah organ terluar dari tubuh manusia. Oleh sebab itu, kesehatan dari kulit harus di perhatikan. Namun, Apa Pentingnya Asupan Bergizi Untuk Kulit? Punya kulit mulus dan sehat adalah impian dari semua orang. Karena kulit yang sehat dan mulus menunjang penampilan seseorang. Berikut apa saja makanan yang baik untuk kulit :

  1. Pepaya

Pepaya sebagai buah yang tinggi akan vitamin C. Sifat antioksidan dari vitamin C akan melindungi sel kulit dari kerusakan yang di sebabkan sinar matahari. Vitamin C sendiri bekerja dengan memperbaiki DNA yang telah rusak oleh sinar UV. 

  1. Stroberi

Stroberi sebagai salah satu buah  yang kaya akan kandungan vitamin C dapat membantu memperlambat munculnya keriput dan masalah kuling kering akibat penuaan. Vitamin C akan membantu melembapkan kulit. Nutrisi ini juga menetralkan radikal bebas akibat sinar UV dan juga meningkatkan kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan protein berserat dan tak larut yang bermanfaat menjaga elastisitas kulit.

  1. Tomat

Tomat kaya akan kandungan likopen, yakni sejenis karotenoid yang dapat membantu melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Sangat baik jika menjadikan tomat sebagai makanan sehat untuk kulit, misalnya sebagai campuran salad, jus buah, atau di makan segar secara langsung.

  1. Paprika Merah

Mengkonsumsi lebih banyak vitamin C dapat membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Zat nutrisi mikro ini dapat membantu perbaikan DNA yang rusak akibat sinar UV. Paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C juga membantu sintesis kolagen untuk menjaga kulit agar tetap kencang dan sehat seiring bertambahnya usia.

5. Labu Kuning

Labu kuning mengandung senyawa beta karoten yang dapat melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Beta karoten memiliki efek antioksidan yang memberikan pertahanan kulit terhadap radikal bebas dan radiasi sinar UV dari matahari. Selain itu, tubuh akan mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata, meningkatkan kepadatan tulang, dan memperkuat sistem imun.

6. Jagung

Jagung merupakan makanan sehat untuk kulit yang menjadi sumber terbaik dari lutein, yakni sejenis karotenoid yang bekerja seperti beta karoten. Lutein akan membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut. Produk olahan jagung, seperti tepung maizena juga bermanfaat untuk kulit. Bisa juga mengoleskan tepung maizena untuk menenangkan ruam dan iritasi kulit.

7. Bayam

Bayam kaya akan lutein untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Sayur satu ini yang di simpan di bawah cahaya selama setidaknya 3 hari menunjukkan adanya peningkatan nutrisi di dalamnya. Bayam jadi lebih kaya akan vitamin C, vitamin K, vitamin E, lutein, dan zeaxanthin. 

8. Edamame

Edamame kaya akan isoflavon, yakni antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas dari paparan sinar matahari penyebab penuaan dini. Kondisi kulit seiring bertambahnya usia ini dapat disebabkan menurunkan kolagen. Hal ini bisa di tandai dengan kulit kendur, berkerut, dan muncul flek hitam.

9. Tahu

Tahu yang berbahan dasar kedelai mengandung isoflavon. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat dalam melembutkan kulit. Konsumsi isoflavon dalam tahu pada wanita pascamenopause secara rutin dapat mengurangi garis halus dan meningkatkan elastisitas kulit wajah. Selain mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar UV, senyawa isoflavon di ketahui dapat mengurangi risiko kanker kulit.

10. Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang penting untuk menjaga kesehatan kulit. Asam lemak omega-3, yakni DHA dan EPA, yang di temukan dalam ikan salmon dapat melindungi sel dari kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh sinar UV.

11. Ikan Tuna

Tidak hanya salmon, Ikan Tuna yang lebih terjangkau juga tergolong makanan sehat untuk kulit yang kaya kandungan asam lemak omega-3. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan jerawat dan kemerahan. Ikan berlemak juga merupakan sumber vitamin E yang bermanfaat sebagai antioksidan penting untuk kulit. Vitamin E membantu menjaga kulit agar terlihat awet muda.

12. Kopi

Kopi ternyata juga membantu menjaga kesehatan kulit. Kafein dalam kopi membantu melebarkan pembuluh darah di bawah kulit. Kopi juga kaya akan vitamin B3 atau niasin yang dapat menurunkan risiko berkembangnya kanker kulit non melanoma dan gangguan kulit lainnya. Bisa juga menggunakan serbuk kopi sebagai scrub untuk mengurangi kemerahan dan garis-garis halus sebagai tanda penuaan.

Menjaga kesehatan kulit wajah dan tubuh secara menyeluruh tentu tidak hanya di lakukan dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat untuk kulit saja. Hal ini perlu di imbangi juga dengan perawatan kulit, mulai dari mencuci muka, mengoleskan pelembab, dan tabir surya saat beraktivitas luar ruangan. Namun makanan yang sudah di jelaskan sebelumnya membuktikan bahwa Pentingnya Asupan Bergizi.